Rabu, 02 November 2011

Mengenalkan “Nilai Karakter” pada Siswa SD


"Saya guru SD ,dengan memasukkan pendidikan karakter pada RPP saya bertambah bingung untuk membuat anak benar benar dapat membentuk karakter siswa..Lantas langkah sederhana apa yang mesti saya lakukan agar karakter siswa saya terbentuk..?"


"Saya yakin bu dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah dilatihkan mulai dari menyusun standar kompetensi,kompetensi dasar tujuan pembelajaran,materi pembelajaran,metode pembelajaran langkah pembelajaran sampai pada sumber dan media pembelajaran.Semoga ibu sudah menguasainya.,,"

"Terlepas bagaimana menuliskan RPP yang benar,menurut saya adalah kemampuan menentukan indikator keberhasilan pendidikan karakter itu sendiri  yang merupakan keterkaitan antara Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar pada diri siswa.Integrasi antara mata pelajaran ,pengembangan diri dan budaya sekolah adalah faktor penting bagi siswa untuk menginternalisasi nilai nilai yang ditanamkan dalam pendidikan karakter.Sedangkan nilai yang dikembangkan adalah religius,jujur,toleransi,disiplin kerja keras ,kreatif,mandiri,demokratis,rasa ingin tahu ,semangat kebangsaan,cinta tanah air ,menghargai prestasi,bersahabat,cinta damai .gemar membaca,peduli lingkungan ,peduli sosial dan tanggung jawab".

"Sedang dalam proses internalisasi itu seorang siswa lebih banyak dipengaruhi lingkungan,maka pengkondisian sekolah harus mencakup,aktivitas rutin kegiatan pembelajaran disekolah,spontanitas,keteladan dan aturan main (pengkondisian ).Dan  agar siswa tertarik untuk melakukannya dengan senang hati maka guru harus mampu memahami pola fikir siswa ".

"Pertama :Siswa menyukai imajinasi,penanaman nilai karakter harus berkaitan dengan  tema tema yang berisikan fantasi,mukzijat ,ketegangan ,kejutan dan petualangan."

"Kedua :siswa butuh role model ,maka penggunaan tokoh idola siswa ,atau memunculkan tokoh idola seperti pahlawan,serta makhluk atau hewan dalam bentuk dongeng atau cerita sejarah akan memperkuat imajinasi terhadap karakter tokoh idolanya."

"Ketiga : penggunaan media ICT dengan menampilkan animasi /kartun atau video pembelajaran akan membuat anak betah untuk mengikuti kegiatan belajar dikelas.termasuk didalamnya penggunaan ilustrasi music .dsb"

"Keempat : hubungan yang erat antara guru dan murid akan mempermudah siswa menginternalisasi nilai nilai yang diajarkan .lantaran guru tersebut menjadi figur panutan bagi siswa".

"Kelima : factor teknis dan non  teknis dalam penggunaan media pembelajaran termasuk mengoperasikan alat peraga /ICT ,pengulangan merupakan kecakapan yang harus terus dikembangkan agar anak benar benar tertarik  dan bersemangat belajar."


Diharapkan setiap guru melalui proses kegiatan belajar ,setiap mata pelajaran memunculkan nilai karakternya sehingga mampu menumbuh kembangkan ranah kognitif,afektif ,psikomotorik dan spiritualitasnya pada diri siswa.




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar