Kamis, 03 November 2011

Karakter Rasa Ingin Tahu anak SD (10-12 tahun),



Anak pada usia 10- 12 tahun atau kelas IV-VI ini sudah mulai mampu mengunakan berpikir logisnya.Dikarenakan mereka sudah menguasai matematika,harapanya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya berapa lama perjalanan ke sekolah,berapa rupiah  uang saku yang dikumpulkan dalam seminggu.Termasuk mereka dapat dajak bicara dan diberi pengertian tentang arti penghematan dalam keuangan keluarga lantaran orang tuanya mengalami kesulitan keuangan.

Pada usia ini anak memiliki kemampuan memecahkan masalah dan mengemukakan   pendapat dalam bentuk dugaan …jika begini nanti mungkin begitu”.Karena itu pengalaman belajar disekolah memiliki daya pengaruh yang  dalam perkembangan kognitif anak .Anak juga memiliki perasaan ingin bersaing menjadi yang terbaik atau sense of competition karena mereka harus menyesuaikan aktifitasnya terhadap target prestasi akademik maupun tuntutan disekolah.Tugas guru adalah mengaitkan ilmu pengetahuan yang diajarkan  


Karena itu kemampuan guru dalam melaksanakan tugas diwujudkan dalam kecakapan berkomunikasi terutama interaksi dikelas yang dapat terciptanya suasana belajar dan mengajar yang kondusif terwujud dalam

Deskripsi ;

Mendorong siswa memiliki sikap berupaya untuk mencari tahu lebih dalam dan lebih luas dari sesuatu yang diajarkan .pernah dilihat dan didengarnya bahkan dari luar kelas dan dilingkungan sosialnya..



Indikator Sekolah

Sekolah semestinya dapat menyediakan media pembelajaran yang memungkinkan anak menemukan jawaban dari rasa ingin tahunya ,mulai dari alat peraga,sampai ICT dan laboratorioum .Sehingga anak dapat belajar melalui pengalaman  belajarnya experiential learning..mulai dari penginderaan sampai konsep berpikirnya.  

Anak diberi kesempatan untuk memanfatkan media belajar tersebt guna bereksplorasi dalam pengembangan rasa ingin tahu,pendidikan,science dan budaya.


Indikator Kelas

Suasana kelas dapat membuat siswa bertanya tentang materi pelajarannya  termasuk  keberanian menyampaikan temuan konsep ilmu yang baru saja didapat dari membaca.

Menanyakan sesuatu  tentang kondisi social lingkungan yang terjadi serta dapat menanyakan kepada guru tentang info terkini yang didapat nya dari berbagai sumber Koran ,radio TV atau teman dijejaring sosialnya.


Sikap guru dalam menumbuh -kembangkan karakter rasa ingin tahu anak adalah :

Pertama:Tidak jarang guru juga kewalahan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh siswa cerdas terutama dengan ilmu pengetahuan terkini yang didapat siswa dari berbagai sumber . Maka seorang guru tidak boleh melarang siswa banyak bertanya,membentak dan menyuruh anak diam lantaran guru merasa lelah dan gerah karena tidak  bisa menjawab pertanyaan siswa.

Kedua;Bersikaplah terbuka dan berpikir positif kepada sswa yang bertanya ,karena dengan siswa bertanya mereka menjad belajar.Jika anda tidak bisa menjawab katakan terus terang ketidak tahuan anda selanjutnya bersama anak mencari jawabannya. Hal ni merupakan dasar dari learn how learn bagi anak berusaha mencari tahu dengan cara belajar. Sekaligus perilaku ini membuat anak menaruh respek , tidak mengurangi rasa hormat dan sayang kepada gurunya.


Ketiga : ajaklah menggunakan sumber referensi belajar yang jelas dan dapat dipercaya untuk mencari jawaban seperti RPUL,RPAL,Ensklopedi, perpustakaan sampai menggunakan internet. Terutama  untuk internet dengan memberkan alamat situs yang jelas atau kejelasan data yang dibutuhkan.Misalnya :Fenomena alam untuk IPA SD dsb. Agar anak dapat menemukan segera sumber data yang dimaksud dan tidak “tersesat ..jalan”


Anak pada usia 10-12 tahun sudah dapat merencanakan tindakan secara terorganisasi termasuk menggunakan pengetahuannya untuk melaksanakan rencana tindakannya itu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar