Anak pada usia 10- 12 tahun atau kelas IV-VI ini sudah mulai
mampu mengunakan berpikir logisnya.Dikarenakan mereka sudah menguasai
matematika,harapanya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya
berapa lama perjalanan ke sekolah,berapa rupiah uang saku yang dikumpulkan dalam
seminggu.Termasuk mereka dapat dajak bicara dan diberi pengertian tentang arti
penghematan dalam keuangan keluarga lantaran orang tuanya mengalami kesulitan
keuangan.
Pada usia ini anak memiliki kemampuan memecahkan masalah dan
mengemukakan pendapat dalam bentuk dugaan …jika begini
nanti mungkin begitu”.Karena itu pengalaman belajar disekolah memiliki daya
pengaruh yang dalam perkembangan
kognitif anak .Anak juga memiliki perasaan ingin bersaing menjadi yang terbaik
atau sense of competition karena mereka harus menyesuaikan aktifitasnya
terhadap target prestasi akademik maupun tuntutan disekolah.Tugas guru adalah
mengaitkan ilmu pengetahuan yang diajarkan
Karena itu kemampuan guru dalam melaksanakan tugas
diwujudkan dalam kecakapan berkomunikasi terutama interaksi dikelas yang dapat
terciptanya suasana belajar dan mengajar yang kondusif terwujud dalam
Deskripsi ;
Mendorong siswa memiliki sikap berupaya untuk mencari tahu
lebih dalam dan lebih luas dari sesuatu yang diajarkan .pernah dilihat dan didengarnya
bahkan dari luar kelas dan dilingkungan sosialnya..
Indikator Sekolah
Sekolah semestinya dapat menyediakan media pembelajaran yang
memungkinkan anak menemukan jawaban dari rasa ingin tahunya ,mulai dari alat
peraga,sampai ICT dan laboratorioum .Sehingga anak dapat belajar melalui
pengalaman belajarnya experiential learning..mulai
dari penginderaan sampai konsep berpikirnya.
Anak diberi kesempatan untuk memanfatkan media belajar
tersebt guna bereksplorasi dalam pengembangan rasa ingin tahu,pendidikan,science
dan budaya.
Indikator Kelas
Suasana kelas dapat membuat siswa bertanya tentang materi
pelajarannya termasuk keberanian menyampaikan temuan konsep ilmu
yang baru saja didapat dari membaca.
Menanyakan sesuatu tentang kondisi social lingkungan yang terjadi
serta dapat menanyakan kepada guru tentang info terkini yang didapat nya dari
berbagai sumber Koran ,radio TV atau teman dijejaring sosialnya.
Sikap guru dalam menumbuh -kembangkan karakter rasa ingin
tahu anak adalah :
Pertama:Tidak jarang guru juga kewalahan menjawab pertanyaan
yang disampaikan oleh siswa cerdas terutama dengan ilmu pengetahuan terkini
yang didapat siswa dari berbagai sumber . Maka seorang guru tidak boleh melarang
siswa banyak bertanya,membentak dan menyuruh anak diam lantaran guru merasa
lelah dan gerah karena tidak bisa
menjawab pertanyaan siswa.
Kedua;Bersikaplah terbuka dan berpikir positif kepada sswa
yang bertanya ,karena dengan siswa bertanya mereka menjad belajar.Jika anda
tidak bisa menjawab katakan terus terang ketidak tahuan anda selanjutnya
bersama anak mencari jawabannya. Hal ni merupakan dasar dari learn how learn
bagi anak berusaha mencari tahu dengan cara belajar. Sekaligus perilaku ini
membuat anak menaruh respek , tidak mengurangi rasa hormat dan sayang kepada
gurunya.
Ketiga : ajaklah menggunakan sumber referensi belajar yang
jelas dan dapat dipercaya untuk mencari jawaban seperti RPUL,RPAL,Ensklopedi,
perpustakaan sampai menggunakan internet. Terutama untuk internet dengan memberkan alamat situs
yang jelas atau kejelasan data yang dibutuhkan.Misalnya :Fenomena alam untuk
IPA SD dsb. Agar anak dapat menemukan segera sumber data yang dimaksud dan
tidak “tersesat ..jalan”
Anak pada usia 10-12 tahun sudah dapat merencanakan tindakan
secara terorganisasi termasuk menggunakan pengetahuannya untuk melaksanakan
rencana tindakannya itu…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar