Jumat, 11 November 2011

Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Media Belajar Siswa SD


"Disekolah kami ada Televisi ,Video Player dan Sound Sistem , serta beberapa VCD pembelajaran.saya ingin menggunakannya sebagai media belajar siswa melalui pemutaran film pendek yang berkaitan dengan materi Pelajaran,Langkah apa yang bisa saya lakukan..?"


Mengajak siswa belajar melalui tayangan film akan membuat anak lebih bisa menghayati serta mengerti lantaran ada visualisasi yang dapat mengembangkan logika berpikir serta imajinasi siswa. ,maka siswa perlu dikondisikan agar dapat menikmati tayangan film tersebut dengan dukungan audio yang memadai.

Adapun beberapa langkah yang bisa dikembangkan:

1. Terangkan aturan main dalam menyaksikan film yang diputar.

2. Kenalkan penggunaan Media VCD dan Televisi dengan cara memeragakan cara pemakaiannya .sehingga secara tidak langsung anak mendapat pengetahuan merangkai hubungan antara TV .Video Player dan Audio.

3. Selanjutnya mintalah anak menyimak beberapa point penting yang bakal dijadikan bahan pembelajaran.

4. Setelah pemutaran berlangsung maksimal 15 menit ,dituntut kepiawaian guru dapat mengendalikan remote agar anak bisa mempelajari point penting yang ingin dibicarakan. Maka guru perlu mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang point yang ingin dipelajarinya.

5. Beberapa anak ditunjuk untuk menjelaskan apa yang dilihatnya tadi bercerita menurut versi mereka masing masing.

6. Guru menyimak dan sesekali membetulkan penggunaan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang benar.Tanpa membuat siswa memiliki rasa bersalah.

7. Ajaklah siswa untuk menemukan pesan moral sebagai kesimpulan yang bisa diambil saat itu.

Dengan menggunakan media TV anak serasa bergembira menonton TV dirumah sambil belajar,Belajar ilmu pengetahuan itu sendiri,belajar bahasa ,belajar tampil didepan kelas belajar berani bertanya jawab dan belajar menggunakan media ICT sebagai sarana belajarnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar