Kamis, 03 November 2011

Mengundang Pakar Internasional( Virtual) dalam Kelas X,Mengapa Tidak..?





Kank ,selain memberi tugas kepada siswa untuk mengunduh materi di internet  dalam bentuk teks apalagi yang bisa dikembangkan dalam kelas X…?


Sebenarnya,mengunduh video pembelajaran pun bisa ditugaskan kepada siswa.Namun
Yang patut dicoba sebenarnya sebagai guru harus memperkaya wawasan keilmuan. Terutama yang berbasis ICT…misalnya kemampuan anda sebagai guru mengunduh berita,pengetahuan,serta dokumentasi seminar yang disampaikan para pakar sesuai bidang ilmunya bisa anda lakukan.

Tentukan tujuan pebelajaran apakah hanya sekedar membuat siswa tahu(hapal) atau sekaligus mengembangkan ranah kognitif afektif dan psikomotorik dan kombinasinya.Artinya tidak hanya  membuat siswa hapal tapi juga menghayati dan selanjutnya asebagai tuntunan berperilaku.Ambil contoh jika berbicara tentang kerusakan alam mengunduh  bencana bencana, ilmu pengetahuan yang menceritakan bencana itu tentu akan memperkuat daya visual  dan imajinasi siswa.
    

  Penggunaan multi media akan banyak mendukung dalam kegiatan pembelajaran science maupun ilmu bahasa,seperti mengunduh nara sumber yang sedang menuturkan sebuah ilmu pengetahuan akan mengasah kemampuan siswa dalam berbahasa inggris dan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Selanjutnya  kegiatan pembelajaran kelas menjadi diskusi hal hal yang ingin ditanyakan tentu saja gurunya harus menguasai ICT dan bahasa inggris walaupun bukan guru bahasa inggris..


Siswa mendapat dua  keuntungan sekaligus yaitu mendapatkan Kuliah secara virtual dari pakarnya dan belajar berbahasa inggris ,sementara gurunya tidak terlalu disibukan dengan segala macam  metode pengajaran efektif,setidaknya ilmu yang akan diajarkan sudah dijelaskan oleh pakar….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar