Sabtu, 05 November 2011

Learning and Empathy

Dan ,tidaklah sama kebaikan dan kejahatan .Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik ,maka tiba tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan ,seolah olah telah menjadi teman yang setia QS Fushshilat:34

Dari Anas,ia berkata : "Saya  telah menjadi pelayan Rosulullah SAW selama 10 tahun . Beliau tidak pernah menyuruh aku  sesuatu terlantarkan  atau tunda tunda kemudian beliau mencelaku.Jika salah seorang anggota keluarganya  mencelaku tentu beliau bersabda:"biarkanlah dia karena apa yang menjadi ketetapan Allah pasti terjadi.".HR Ahmad
   

Pendekatan individu kepada siswa semestinya dilakukan oleh seorang guru yakni melalui learning and emphaty..Mengingat biasanya guru hanya sekedar menuntaskan tugas mengajarnya tanpa harus memikirkan keberagaman siswa dalam membangun kompetensinya.  Disamping kurangnya pengalaman dan respon guru terhadap kondisi keberagaman kemampuan siswa.

Learning & emphaty semestinya menjadi proses pembelajaran dan peningkatan pengalaman pengembangan kompetensi kepribadian guru.Salah satu cara agar seorang guru agar dapat meningkatkan mutu prestasi siswa adalah dengan kecakapan komunikasi berdasar kepekaan dan kepeduliannya.Guru dapat melakukan komunikasi secara  terbuka dengan siswa yang memiliki kesulitan dalam belajarnya.Sehingga akan tercipta interaksi yang berkelanjutan.Pendekatan personal kepada siswa akan memudahkan siswa untuk berani berteus terang kepada guru.


Sedangkan empathy menyangkut kemampuan guru untuk dapat menempatkan diri dari sudut pandang siswa hal ini penting mengingat siswa butuh mendapatkan perasaan nyaman lantaran dimengerti oleh gurunya. Dengan emphaty guru dapat merasakan perasaan siswa dan mampu menangkap arti perasaan siswa  sehingga dapat memberikan solusi serta hubungan saling percaya.

Learning dan empathy guru akan memabuat anak mengerti akan dirinya sehingga bisa mengenali minat ,prestasi belajarnya dan sifat kepribadiannya berkaitan dengan tugas belajarnya. Dengan demikian siswa dapat berkembang secara optimal serta menikmati kebahagiaan dalam belajar (disekolah ).

Pendidikan akan berhasil jika guru dapat memahami siswanya sebagai manusia bukan sekedar anak ,tugas perkembangan ,problem yang dihadapi mereka dan tekanan lingkungan yang dampaknya besar bagi kehidupan siswa.Utamanya tugas belajarnya..
Inilah beberapa hal perwujudan learning & emphaty guru kepada siswa ;

1. Setiap siswa adalah pribadi dan unik memberi kesempatan kepada siswa untuk mengenal dirinyasendiri daripada memaksa mereka menjadi pribadi yang diinginkan guru.

2. memberi peluang untuk siswa mengembangkan potensi potensi yang dimiliki,mengingat siswa sendirilah yang tahu kemungkinan kemungkinan yang bisa dikembangkan dari dirinya.

3.Guru semestinya menyadari siswa kan secara suka rela patuh pada aturan jika muncul dari kesadaran diri ,maka komunikasi penyadaran kepada siswa perlu dilakukan secara intens

4.Konsep diri remaja akan menentukan sikap dan tingkah lakunya ,disinilah guru diharapkan dapat mengerti dinamika perkembangan psikososial siswa sekaligus dapat mengarahkannya. .


Guru yang dapat learning and emphaty dapat mendorong siswa belajar dengan penuh semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar