“Dan ,tidaklah sama
kebaikan dan kejahatan .Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik
,maka tiba tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan ,seolah olah
telah menjadi teman yang setia QS Fushshilat:34
Dari Anas,ia berkata : "Saya telah menjadi pelayan Rosulullah SAW selama 10 tahun . Beliau tidak pernah menyuruh aku sesuatu terlantarkan atau tunda tunda kemudian beliau mencelaku.Jika salah seorang anggota keluarganya mencelaku tentu beliau bersabda:"biarkanlah dia karena apa yang menjadi ketetapan Allah pasti terjadi.".HR Ahmad
Pendekatan individu kepada siswa semestinya dilakukan oleh
seorang guru yakni melalui learning and emphaty..Mengingat biasanya guru hanya
sekedar menuntaskan tugas mengajarnya tanpa harus memikirkan keberagaman siswa
dalam membangun kompetensinya. Disamping
kurangnya pengalaman dan respon guru terhadap kondisi keberagaman kemampuan
siswa.
Learning & emphaty semestinya menjadi proses
pembelajaran dan peningkatan pengalaman pengembangan kompetensi kepribadian guru.Salah
satu cara agar seorang guru agar dapat meningkatkan mutu prestasi siswa adalah
dengan kecakapan komunikasi berdasar kepekaan dan kepeduliannya.Guru dapat
melakukan komunikasi secara terbuka
dengan siswa yang memiliki kesulitan dalam belajarnya.Sehingga akan tercipta
interaksi yang berkelanjutan.Pendekatan personal kepada siswa akan memudahkan
siswa untuk berani berteus terang kepada guru.
Sedangkan empathy menyangkut kemampuan guru untuk dapat
menempatkan diri dari sudut pandang siswa hal ini penting mengingat siswa butuh
mendapatkan perasaan nyaman lantaran dimengerti oleh gurunya. Dengan emphaty
guru dapat merasakan perasaan siswa dan mampu menangkap arti perasaan siswa sehingga dapat memberikan solusi serta
hubungan saling percaya.
Learning dan empathy guru akan memabuat anak mengerti akan
dirinya sehingga bisa mengenali minat ,prestasi belajarnya dan sifat
kepribadiannya berkaitan dengan tugas belajarnya. Dengan demikian siswa dapat
berkembang secara optimal serta menikmati kebahagiaan dalam belajar (disekolah
).
Pendidikan akan berhasil jika guru dapat memahami siswanya sebagai manusia bukan sekedar anak ,tugas perkembangan ,problem yang dihadapi mereka dan tekanan lingkungan yang dampaknya besar bagi kehidupan siswa.Utamanya tugas belajarnya..
Inilah beberapa hal perwujudan learning & emphaty guru kepada siswa ;
1. Setiap siswa adalah pribadi dan unik memberi kesempatan kepada siswa untuk mengenal dirinyasendiri daripada memaksa mereka menjadi pribadi yang diinginkan guru.
2. memberi peluang untuk siswa mengembangkan potensi potensi yang dimiliki,mengingat siswa sendirilah yang tahu kemungkinan kemungkinan yang bisa dikembangkan dari dirinya.
3.Guru semestinya menyadari siswa kan secara suka rela patuh pada aturan jika muncul dari kesadaran diri ,maka komunikasi penyadaran kepada siswa perlu dilakukan secara intens
4.Konsep diri remaja akan menentukan sikap dan tingkah lakunya ,disinilah guru diharapkan dapat mengerti dinamika perkembangan psikososial siswa sekaligus dapat mengarahkannya. .
Guru yang dapat learning and emphaty dapat mendorong siswa belajar dengan penuh semangat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar