Senin, 18 Juli 2011

Menjadi Model Belajar Siswa, Student Insight Approach


Dalam diklat Love Your Parent Insight,diklat agar siswa menghormati dan menyayangi orang tuanya, sempat saya lontarkan angket pertanyaan kepada siswa ,”Guru macam apakah yang paling kalian sukai…?”. ‘Mereka hampir 85 % menjawab guru yang membuat siswa mudah menyerap mata pelajaran saat menerangkan di kelas.Apakah dengan kecakapan mempermudah dalam menyerap pelajaran itu sejalan dengan kompetensi akademik guru…? Tidak selalu…!

Mengingat banyak guru yang pintar tidak selalu dapat komunikatif mempermudah siswa dalam menyerap pelajaran. Yang jelas guru yang disukai siswa tadi adalah guru yang dapat memahami kondisi siswanya sehingga keberadaannya diterima sekaligus memiliki pengusaan ilmu yang memadai. Sehingga bisa mempermudah konsep konsep rumit menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan.

Pemahaman atas diri siswa dalam perilaku belajar nya adalah meliputi semangat siswa dalam kegiatan belajar.Mengingat bahwa setiap orang memiliki rasa ingin tahu sebagai cikal bakal belajar Guru harus mampu mengenali Student Insight dan selanjutnya memberikan keteladanan agar potensi belajar siswa dapat berkembang secara optimal.


Siswa interest jika kegiatan belajarnya dapat menarik perhatiannya,mulai dari pribadi guru,cara penyampaian,metode belajar,sampai kepada keterlibatan siswa dalam pendalaman materi.

Mengajak siswa untuk dapat berimajinasi tentang masa depan melalui ilmu yang dipelajarinya akan membuat siswa bersemangat untuk memperdalam. Kecakapan guru dalam mengolah materi untuk near to future orientation menjadi syarat. Maka guru harus bersemangat untuk memperbaharui pengetahuan atas ilmu yang dimiliki.

Memberikan siswa Challenge baik dalam presentasi maupun karya karya inovatif siswa akan membuat siswa terus berupaya meningkatkan pengetahuan. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menantang …!

Materi pelajaran yang relevan dengan dunia yang di hadapi siswa merupakan daya tarik tersendiri bagi siswa.Maka guru harus banyak menambah wawasan terutama materi pelajaran yang memiliki nilai relevance .


Materi pelajaran yang disukai siswa dan cara penyampaian yang juga disukai siswa akan mempermudah siswa dalam menguasai materi pelajaran yang diajarkan.Karena itu jadilah guru yang likeable…

Something new memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa ,karena hal baru selalu ditunggu oleh siswa .Tantangan bagi guru adalah membuat siswa menunggu hal baru yang akan diajarkannya.



Sebagai model belajar bagi siswa seorang guru dituntut untuk menciptakan : Siswa Interest, Near to future orientation, Challenge, Relevance . Likeable and Something new. Sudahkah guru guru kita melakukannnya…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar