Senin, 30 Juli 2012

Membuat Siswa Berani Bertanya, Teknologi Pendidikan


Kank ,saya ingin mendapatkan tips bagaimana agar siswa memiliki kebranian bertanya,lantaran biasanya mereka diam  setelah saya  menjelaskan pelajaran ...?


Diantara tanda tanda kekuasaan Nya yaitu Tuhan menjadikan langit dan bumi dan berbagai macam bahasa kamu dan warna kulit kamu...QS ar Ruum :23


Alasan siswa bertanya bisa lantaran tidak tahu,belum faham,butuh penegasan atau ingin lebih mengerti...jika apa yang diterangkan sudah dianggapnya bisa “diterima” mereka menganggap tidak ada perlunya bertanya,Namun bisa juga lantran siswa terlalu jenuh mendengarkan anda “bereramah” dan memilih diam agar  pembelajaran segera selesai. Maka anda sebagai guru perlu mencermati peta mental mereka mengapa siswa siswi anda cenderung sama sekali tidak bertanya...!
Let your enthusiasm make learning a plesure for her....

Berikut beberapa Tips yang bisa membantu anda membuat siswa anda bertanya...?


1.       Jangan hanya dengan pertanyaan tertutup.


Artinya bukan pertanyaan yang jawabanya ,ya /tidak,belum / sudah....seperti “apakah kalian sudah  mengerti ...? “ . konsepnya adalah sebagai guru anda berusaha mencari tahu lebih banyak tentang tingkat pemahaman terhadap apa yang sudah anda terangkan,mulai dari konsep ,relevansi,proses berpikir sampai kebutuhan yang ingin diketahuinya.Pertanyaan yang pas...adalah : (lakukan secara bertahap/satu persatu )
Kalau menurut kalian bagiamana jika proses dari  daur hidup ini terputus.....?
Mengapa bisa begitu...?
Lantas tindakan apa yang semestinya dilakukan agar mereka lestari...?

2.       Hargai jawaban.

Saat anda merespon jawaban ,berupayalah untuk menghadapkan wajah dengan tatapan penuh kelembutan dan  dengarkan secara aktif apa  sedang dikatakannya. Mungkin jawaban bisa saja tidak benar namun jangan keburu menyalahkan atau merendahkan harga dirinya karena menjawab salah “...soal begini saja nggak bisa ...dasar...!”. Jika siswa merasa dihakimi maka akan menimbulkan trauma dalam bertanya bahkan tidak jarang bisa berdampak pada perkembangan psikologis diantaranya melunturnya rasa percaya diri.menghargai jawaban siswa dengan mendengar secara empati adalah melibatkan  diri secara emosi,bahasa tubuh,ekspresi wajah dan cara memandang. Semakin baik anda mencoba mendengar dan menyimak jawaban atau pernyataan siswa, anda akan menemukan latar belakang dari jawaban siswa sekaligus sudah menciptakan rasa percaya diri siswa untuk berani bertanya. Buat siswa yakin bahwa anda mengahargai jawaban /pernyataan yang dilontarkan siswa..!.


3.       Miliki ketertarikan atas pernyataan/jawaban siswa.

Pertahankan kontak mata dengan siswa yang menandakan bahwa anda memiliki ketertarikan atas jawaban siswa. Ketertarikan anda terhadap respon siswa merupakan gambaran dari  citra diri seorang guru sebagai orang tua siswa yang berminat mendengar apa yang disampaikan anaknya.sehingga siswa merasa  dihargai atas upaya yang dilakukannya dengan bertanya.

Jika anda merasa perlu untuk memperdalam ketajaman atau prinsip yang dipegang siswa bisa anda mulai dengan kalimat  tambahan berikutnya .....bagus jawaban/pendapatmu itu ,adakah data atau teori  yang bisa menjelaskan pendapatmu itu..?  ...darimanakah kamu memperoleh gagasan yang menarik itu bapak senang jika kamu dapat menjelaskannya lebih dalam...?
 
4.       Amati perhatian siswa saat anda mengajar .

Jika metode pembelajaran yang ingin anda kembangkan adalah siswa aktif dalam pembelajaran (active –learning) kemampuan seorang guru dalam menguasai ruang kelas adalah mutlak harus dikuasai ..span of control. Perhatikan satu perasatu bagaimana peta mental mereka  dalam mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung. Ada yang benar benar memperhatikan ,mencatat ,berpikir sampai mengantuk . Jika anda temukan siswa yang sedang mengantuk atau tertidur jangan dimarahi dan dihardik akan lebih baik suruh untuk cuci muka agar segar kembali.  Datangi salah satu siswa jika anda merasa siswa anda sudah mulai jenuh dengan ceramah anda ...tanyakan ...”ok ,kalau menurut pendapat kamu apa yang bisa kamu pelajari dari keterangan yang bapak sampaikan tadi...?



5.       Jangan monoton atau terpaku dengan satu metode saja.

Bentuk meja siswa menjadi meja untuk berdiskusi antar kelompok ,berhadap hadapan misalnya satu kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa . Berikan contoh kasus  yang harus dipecahkan oleh  kelompok siswa  mulai dari   aspek  what (tentang definisi persoalan )..Why (asal usul sebab akibat )..How (upaya perbaikan atau yang semestinya dilakaukan. Atau didesain sebuah kelompok dengan dua kubu pro dan kontra . Tujuannya agar siswa berani mengungkapkan gagasan ,berpikir kritis serta teknik diskusi yang menarik anda sebagai guru  menjadi fasilator bagi mereka.

 Sebagai guru  kadang kadang bukan berapa banyak jam kita mengajar (berceramah )namun yang lebih penting berapa banyak siswa belajar ,bagaimana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar