Kamis, 24 Januari 2013

Kiat Membangkitkan Konsentrasi Siswa di Kelas (Manajemen Kelas )



Kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas   kegiatan belajar mengajar  adalah kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi di kelas sehingga tercipta suasana “belajar’ antara guru,materi yang dipelajari dan siswa. Berikut agar tercipta kegiatan pembelajaran yang efektif ,mudah diingat dan persuasif :

 Dilengkapi video





  1. Bangkitkan minat belajar melalui :daya tarik materi pelajaran,daya tarik kepribadian anda sebagai guru,daya tarik kegiatan proses belajar.
  2. Ketika pelajaran berlangsung buatlah penampilan mengajar  anda sebagai seorang pembicara seminar yang mampu menarik perhatian siswa,bisa menggunakan media pembelajaran seperti alat peraga,pembuktian praktek langsung atau menggunakan multimedia .
  3. Dorong siswa untuk berani bertanya ,berpendapat ,mengkritisi  guna mengakomodasi rasa ingin tahu siswa ,keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jika siswa  belum berani bertanya ajukan pertanyaan yang merangsang imajinasi siswa untuk menjawab ,jangan tertawakan jawaban siswa yang mungkin belum sesuai bimbing untuk menjawab dengan benar.
  4. Ciptakan keakraban dengan siswa ,mulai dengan jelaskan aturan main saat kegiatan pembelajaran berlangsung selanjutnya hargai siswa ,tegur siswa yang tidak men taati aturan main,hindari kekerasan verbal /fisik atau melecehkan ,panggil siswa dengan sebut kesayangannya dan posisikan diri sebagai mitra belajar siswa.
  5. Miliki kemampuan mengintegrasikan konsep teori yang anda ajarkan dengan mengaitkan revelansi update  yang diketahui siswa . jika perlu anda bisa menentukan tema atas materi yang anda ajarkan dengan logika berpikir kronologi,alasan kejadian ,sebab akibat, bagaimana dan apa dampaknya /manfaat.
  6. Ajaklah siswa berpikir tentang materi yang diajarkan dengan mengimplementasikan dalam praktek nyata,analogi atau memberikan “kasus-kasus “ yang berkaitan dengan teori atau pernyataan yang harus dilengkapi oleh siswa..
  7. Gunakan variasi berbagai metode mengajar   agar siswa tidak bosan yang paling penting miliki kecerdasan emosi terutama dalam berbicara dengan irama dan ritme yang nyaman didengar dan mendatangkan rasa nyaman bagi siswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar