Kamis, 31 Januari 2013

Persiapan Tampil Sukses Mengajar (Kiat Praktis)





 



"dan Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya Kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya Makan hewan ternak mereka dan mereka sendiri. Maka Apakah mereka tidak memperhatikan? "Qs As Sajadah 27
 


Bagaimanapun persiapan mengajar adalah merupakan hal utama bagi seorang guru tampil dikelas didepan para siswa  .Jika gagal mempersiapkan diri bisa jadi pembelajaran yang dilakkan tidak efektif,preparation is heart of teaching". Inilah beberapa langkah kunci agar  tampil sukses  dalam mengajar:



Pertama :create first performance of excellence,penampilan pertama akan berkesan jika memiliki persiapan mateng dalam penguasaan materi,penguasaan materi ini penting untuk dapat memberikan gambaran konrit dan relevan tentang ilmu atau konsep yang akan dibicarakan.Dapat anda lakukan bebrapa tindakan seperti ;identifikasi materi yang memungkinkan menggunakan media pembelajaran termasuk alat peraga yang dibutuhkan.

Kedua :imaginative teaching situation from soul and mind ,untuk bisa menggambarkan situasi pengajaran anda harus memiliki tujuan yang ingin capai dalam pertemuan kelas saat itu.Pertama : pertimabangan berapa prosentase siswa yang dapat menyerap pelajaran dengan baik ,kedua ;pertimbangkan pula kemungkinan siswa untuk lebih banyak terlibat dan melampaui  kompetensi dasar yang diinginkan.


Ketiga : student  figure out your important  message   ,semakin efektif anda mengenali potensi diri dan situasi kelas semakin efektif kegiatan pembelajaran ,karena respon siswa dalam kegiatan belajar adala cerminan kemampuan anda mengajar. Karena itu mengatur tempat duduk siswa agar dapat mengikuti sajian pengajaran anda termasuk menempatkan media pelajaran yang 'terjangkau 'oleh siswa patut menjadi pertimbangan.

Keempat  :make clear and understandable  learning destination.Sampaikan kepada siswa tujuan yang akan dicapai tentang materi pelajaran yang akan di pelajari bersama. Selanjutnya buatlah suasana belajar tenang ,senang ,ekspoloratif sehingga dapat  merangsang rasa ingin tahu  siswa sekaligus terbangun minat dan semangat belajarnya.


Tentu saja penampilan fisik , pemilihan busana yang sesuai dengan budaya setempat harus menjadi pertimbangan  dalam tahap persiapan mengajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar