·
Setiap siswa
pada dasarnya memiliki kebutuhan untuk dihargai,mulailah dengan
menghargai pendapat atau hasil karyanya.
Dengan memiliki pengalaman dihargai ,anak akan merasa cukup berharga untuk
menghargai kegiatan belajarnya.
·
Setiap siswa memiliki kebutuhan untuk diakui
keberadaannya,berilah :
kesempatan kepada
siswa untuk mencoba ,bertanya dan menyampaikan pendapatnya dalam setiap proses
kegiatan pembelajarannya. Sehingga dirinya merasa perlu untuk hadir dikelas
lantaran kehadirannya memang diperhitungkan .
·
Setiap siswa memiliki kebutuhan untuk disayangi
,sayangilah siswa sebagaimana anak sendiri .Sehingga ia merasa nyaman dikelas
sebagaimana ia nyaman dirumah dengan besarnya kasih sayang dari kedua orang
tuanya .
·
Jadilah sahabat siswa agar menjadi tahu kebutuhan,kecemasan
,harapan dan keterbatasan yang dimilikinya. Dengan demikian anda dapat
memberikan solusi atas permasalahan siswa sekaligus dapat memberikan untuk
mengembangkan potensi yang dimilikinya menjadi prestasi.
·
Berikan pertanyaan untuk evaluasi efektivitas pertemuan kelas
hari itu,sebelum penutupan pertemuan atau akhir jam belajar. Dengan demikian
anda bisa mengukur sendiri daya serap siswa atas kegiatan belajar hari itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar