“Siswa diajak menonton video pembelajaran tentang
proses pencernakan manusia ,sambil
sekali sekali guru menghentikan sementara video untuk membuat siswa memahami urutan dan memberikan penjelasan tentang gambaran visualisasi dari proses terjadinya pencernakan ,selanjutnya diputar kembali
hingga selesai. MS Power Point guna dipresentasikan dan bahan diskusikan didepan
kelas”. Inilah sekilas penggunaan TIK sebagai media pembelajaran guna membuat
siswa memiliki kemampuan memahami dan menjelaskan teori proses pencernakan pada
manusia.
Pemanfaatan dan integrasi TIK dalam Pembelajaran dapat
memungkinkan siswa mengembangkan pengalaman belajarnya ,seperti :
·
Multisensory:Secara
audio,visual dan kinestetik dapat
mengakomodasi learning style siswa
dapat melihat ,mendengar dan merasakan
secara “nyata” tayangan video yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran.
Gambaran kongkrit ini dapat menetap ingatan
jangka panjang ,long –term memory siswa
.Ajaklah siswa untuk tenang dan menyimak tayangan agar dapat menikmati proses pembelajaran
·
Reflective
;Dengan tayangan “nyata”siswa diharapkan dapat bangkit insght ,kesadaran pribadi dan merenungkan tentang kebesaran penciptaan Tuhan atas ilmu yang
dipelajarinya guna terbangun karakter
religinya sekaligus mengasah spiritual
qoutient (SQ).Berikan kesempatan
siswa untuk berpendapat tentang hasil” perenungan” setelah nonton tayangan
tadi.
·
Contextual
:penggunaan media TIK dalam proses pembelajaran memudahkan guru dalam
menjelaskan konsep /ilmu yang tidak memungkinkan dibuktikan secara praktek,memudahkan
guru untuk memvisualisasikan yang abstrak menjadi real .Maka tugas guru adalah
mengajak siswa untuk menganalisa konsep /teori melalui diskusi kasus dengan pendekatan problem-based learning sehingga siswa terasah daya kritisnya.
·
Communicative
:Pembelajaran dengan menggunakan TIK dapat menciptakan kegiatan
pembelajaran yang komunikatif dan dialogis
,dikarenakan saat menyaksikan tayangan siswa dapat terangkat rasa ingin
tahunya curiosity,merangsang siswa
dengan keterampilan bertanya memudahkan siswa dalam memahami materi.
·
Constructive
:Dengan memberikan kesempatan siswa setelah menyaksikan tayangan video
,siswa dapat mengembangkan ide dan menambah wawasan sekaligus dapat membuktikan
rasa penasaran dari teori yang diketahuinya. Maka dalam penggunaan media ICT
dalam kegiatan pembelajaran, guru semestinya memberikan kesempatan siswa untuk
mengekplorasi wawasan keilmuan yang
diketahuinya.
Media TIK
memudahkan guru mengembangkan
pembelajaran yang berpusat pada siswa ,student
centered learning di mana guru
bertindak sebagai fasilitator ,coach
dan pengelola pembelajaran .
Artikelnya bagus-bagus
BalasHapus