Sabtu, 06 April 2013

Cara Memanfaatkan TIK Sebagai Media Pembelajaran



“Siswa diajak  menonton video pembelajaran  tentang  proses  pencernakan manusia ,sambil sekali  sekali guru  menghentikan sementara  video untuk membuat siswa memahami urutan  dan memberikan penjelasan  tentang gambaran visualisasi  dari proses terjadinya  pencernakan ,selanjutnya diputar kembali hingga selesai.   MS Power Point  guna dipresentasikan dan bahan diskusikan didepan kelas”. Inilah sekilas penggunaan TIK sebagai media pembelajaran guna membuat siswa memiliki kemampuan memahami dan  menjelaskan teori proses pencernakan pada manusia.

Tahap berikutnya siswa diminta membuka buku tentang proses pencernaan ,siswa secara berkelompok mengkaji antara teori yang ada dibuku paket dengan tayangan video.,setiap kelompok menuliskan laporannya dengan menggunakan

Pemanfaatan  dan integrasi TIK dalam Pembelajaran dapat memungkinkan siswa mengembangkan pengalaman belajarnya ,seperti :

·         Multisensory:Secara audio,visual dan kinestetik  dapat mengakomodasi learning style siswa dapat melihat ,mendengar dan merasakan  secara “nyata” tayangan video yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran. Gambaran kongkrit ini  dapat menetap ingatan jangka panjang ,long –term memory siswa .Ajaklah siswa untuk tenang dan menyimak tayangan agar dapat menikmati proses pembelajaran 

·         Reflective ;Dengan tayangan “nyata”siswa diharapkan dapat bangkit insght ,kesadaran pribadi  dan merenungkan tentang  kebesaran penciptaan Tuhan atas ilmu yang dipelajarinya  guna terbangun karakter religinya sekaligus mengasah spiritual qoutient  (SQ).Berikan kesempatan siswa untuk berpendapat tentang hasil” perenungan” setelah nonton tayangan tadi.

·         Contextual :penggunaan media TIK dalam proses pembelajaran memudahkan guru dalam menjelaskan konsep /ilmu yang tidak memungkinkan dibuktikan secara praktek,memudahkan guru untuk memvisualisasikan yang abstrak menjadi real .Maka tugas guru adalah mengajak siswa untuk menganalisa konsep /teori melalui diskusi kasus  dengan pendekatan problem-based learning  sehingga siswa terasah daya kritisnya.

·         Communicative :Pembelajaran dengan menggunakan TIK dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang komunikatif dan dialogis  ,dikarenakan saat menyaksikan tayangan siswa dapat terangkat rasa ingin tahunya curiosity,merangsang siswa dengan keterampilan bertanya memudahkan  siswa dalam memahami materi.

·         Constructive :Dengan memberikan kesempatan siswa setelah menyaksikan tayangan video ,siswa dapat mengembangkan ide dan menambah wawasan sekaligus dapat membuktikan rasa penasaran dari teori yang diketahuinya. Maka dalam penggunaan media ICT dalam kegiatan pembelajaran, guru  semestinya memberikan kesempatan siswa untuk mengekplorasi wawasan  keilmuan yang diketahuinya.


Media TIK memudahkan guru  mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa ,student centered learning  di mana guru bertindak sebagai fasilitator ,coach dan pengelola pembelajaran .

1 komentar: