Kamis, 20 Oktober 2011

Teacher Positioning :Guru Sahabat Siswa.


‘..di bumi itu terdapat tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang yakin dan juga pada diri kalian sendri ,maka apakah kalian tidak memperhatikan !. Qs adz Dzariyat 20-21



Para siswa mengharapkan  gurunya dapat menghargai dirinya sebagaimana manusia seutuhnya,meraka membutuhkan perhatian,keadilan dan rsa kasih sayang dari gurunya. Mengingat siswa saat ini mengalami banyak tuntutan mulai dari pengenalan diri , beradaptasi dengan peer groupnya ,sekolah ,keluarga ,masyarakat dan perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi. (TIK). Belum lagi kondisi sekolah dan kurikulum yang jumlah program studi nya makin banyak dengan target  kompetensi yang kadang membuat mereka cemas .Maka siswa membutuhkan seorang Guru yang bisa menjadi Sahabat baginya.


Menjadi sahabat siswa tidak hanya bercengkerama,mendengar curhat dan bergembira bersama namun membimbingnya untuk menjadi  berkemauan , berkemampuan  dan memiliki kompetensi .Dengan kata  lain anda sebagai guru harus sanggup membuat” Leading your student credibly”. Sebagai sahabat siswa anda menjadi sosok yang amanah sehingga dapat membangun rasa percaya diri  ,saling percaya dan gemar berusaha dalam diri siswa.Kehadiran anda sebgai guru senantiasa ditunggu  lantaran mereka suka “belajar” bersama anda…


Mengingat siswa saat ini dalam masa yang lebih bebas memilih ditambah orang tua tidak terlalu otoriter,maka ini rentan bagi mereka untuk  memilih putus sekolah atau terjerumus dalam pergaulan sosial yang salah.Seorang guru menjadi sulit untuk memaksa siswa dengan ancaman dan memaksa mereka untuk belajar  disekolah dalam situasi kondisi yang tidak menyenangkan,baik fasilitas ,perlakuan guru maupun kurikulumnya.Karena siswa tidak bisa di’paksa ‘ maka mereka harus dipengaruhi dan pengaruh terkuat adalah menjadi sahabatnya.


Agar guru dapat mempengaruhi  dan  mengarahkan siswa ,mereka harus memiliki integritas dan kredibilitas.Menjadi sahabat siswa   bukan hanya merayu dan mengenalkan arti penting sekolah,sahabat adalah tentang mendapatkan kepercayaan siswa.Maka menjadi sahabat siswa adalah upaya membangun kepercayaanya.yaitu membuat anda ada dihati mereka selanjutnya  anda dapat memimpin mereka menuju kemajuan dan kebaikannya.

Syarat menjadi sahabat siswa anda harus mampu menunjukan kualitas kepribadian di mata mereka..Yaitu memiliki potensi sikap mental yang dinamis dan magnetis  sehingga dalam menjalin relasi dengan siswa anda dapat dipercaya sekaligus memberikan rasa aman kepada siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar