Minggu, 28 Juni 2015

Media Presentasi yang Menarik Perhatian Siswa




Tidak dapat dipungkiri untuk mempermudah daya serap, minat dan perhatian siswa dalam motivasi belajarnya peran media presentasi dibutuhkan. Karena melalui media presentasi pembelajaran dinilai mampu memberikan kemudahan dalam memvisualisasikan yang  abstrak menjadi lebih kongkrit. Biasanya seorang guru menyediakan media presentasi pembelajaran sesuai dengan karakter materi yang akan disajikan. Dikarenakan memang tidak semua materi  pelajaran  membutuhkan media presentasi.

“ In any instructional situation, variety of methods can and should be used to achieve different specific purposes : gaining attention , motivating, presenting new information , engaging in practice , testing and so on”. Heinich , Instructional Media and Technologies for Learning


Namun dari beberapa pengalaman guru mengajar para siswa tertarik pada media presentasi jika:

1.      Media presentasi dapat mengeksplorasi rasa ingin tahu siswa, oleh karena itu buatlah media presentasi pembelajaran Baik berupa gambar diam atau audio video, yang dapat membuat siswa bertanya dengan takjub: “Apa itu ya..?, Mengapa begitu...?  , bagaimana bisa...? dsb .Cara komunikasi seperti ini dapat menarik perhatian siswa pada menit menit awal pembelajaran.

2.       Siswa menjadi lebih tertarik untuk mencari kelanjutan dari tayangan yang sudah disajikan oleh karena itu pembuatan konten  media presentasi harus dapat menggali kualitas isi materi dengan tingkat komunikasi pertanyaan seperti,  ada apa dibalik nya ya,   mengapa bisa begitu ya, bagaimana kalau seandainya tidak begitu..?”. Cara komunikasi pembelajaran seperti ini menciptakan kemantapan siswa dalam memahami suatu konsep /teori.


3.      Mendekatkan siswa pada contoh contoh real kehidupan mereka, seperti gaya hidup ,pola perilaku , kebiasaan atau topik yang sedang trend dikalangan mereka. Membuat siswa lebih memperhatikannya  daripada contoh contoh yang tidak difahami sama sekali. Karena itu pilihlah contoh contoh kongkrit yang dihadapi peserta didik sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar siswa lebih berminat mempelajari dan mengaitkan dengan kehidupan nyata. Media presentasi pembelajaran harus sejalan dengan “mimpi” siswa tentang dunia nyata dan masa depan mereka.

4.      Penelitian tindakan kelas dapat dijadikan acuan, meskipun itu hanya berupa riset kecil pribadi   pengaruh pemanfaatan media presentasi pembelajaran  terhadap minat dan daya serap belajar siswa. Oleh karena itu pembuatan  kemasan media presentasi pembelajaran semestinya  disesuaikan  dengan  materi “story board”pembelajaran.


5.      Setiap tampilan  media presentasi sebaiknya memiliki keunikan sendiri dan kelebihan masing masing oleh karena itu dalam membuat progres media presentasi pembalajaran dari hari kehari harus ada sesuatu yang baru, agar siswa tidak bosan dan membuat siswa untuk terus mengikuti “kuliah “ anda.

Intinya media presentasi pembelajaran adalah cara kreatif anda dalam mengkomunikasikan materi yang akan anda ajarkan, selamat mencoba.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar