Tidak dapat
dipungkiri untuk mempermudah daya serap, minat dan perhatian siswa dalam motivasi
belajarnya peran media presentasi dibutuhkan. Karena melalui media presentasi
pembelajaran dinilai mampu memberikan kemudahan dalam memvisualisasikan
yang abstrak menjadi lebih kongkrit.
Biasanya seorang guru menyediakan media presentasi pembelajaran sesuai dengan
karakter materi yang akan disajikan. Dikarenakan memang tidak semua materi pelajaran membutuhkan media presentasi.
“ In any instructional situation, variety of methods
can and should be used to achieve different specific purposes : gaining
attention , motivating, presenting new information , engaging in practice ,
testing and so on”. Heinich ,
Instructional Media and Technologies for Learning
Namun dari
beberapa pengalaman guru mengajar para siswa tertarik pada media presentasi jika:
1. Media presentasi dapat
mengeksplorasi rasa ingin tahu siswa, oleh karena itu buatlah media presentasi
pembelajaran Baik berupa gambar diam atau audio video, yang dapat membuat siswa
bertanya dengan takjub: “Apa itu ya..?,
Mengapa begitu...? , bagaimana bisa...?
dsb .Cara komunikasi seperti ini dapat menarik perhatian siswa pada menit
menit awal pembelajaran.
2. Siswa menjadi lebih tertarik untuk mencari
kelanjutan dari tayangan yang sudah disajikan oleh karena itu pembuatan konten media presentasi harus dapat menggali kualitas
isi materi dengan tingkat komunikasi pertanyaan seperti, “ada apa
dibalik nya ya, mengapa bisa begitu ya,
bagaimana kalau seandainya tidak begitu..?”. Cara komunikasi pembelajaran
seperti ini menciptakan kemantapan siswa dalam memahami suatu konsep /teori.
3. Mendekatkan siswa pada contoh contoh
real kehidupan mereka, seperti gaya hidup ,pola perilaku , kebiasaan atau topik
yang sedang trend dikalangan mereka. Membuat siswa lebih memperhatikannya daripada contoh contoh yang tidak difahami
sama sekali. Karena itu pilihlah contoh contoh kongkrit yang dihadapi peserta
didik sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar siswa lebih berminat
mempelajari dan mengaitkan dengan kehidupan nyata. Media presentasi
pembelajaran harus sejalan dengan “mimpi” siswa tentang dunia nyata dan masa
depan mereka.
4. Penelitian tindakan kelas dapat
dijadikan acuan, meskipun itu hanya berupa riset kecil pribadi pengaruh pemanfaatan media presentasi
pembelajaran terhadap minat dan daya
serap belajar siswa. Oleh karena itu pembuatan kemasan media presentasi pembelajaran
semestinya disesuaikan dengan materi “story
board”pembelajaran.
5. Setiap tampilan media presentasi sebaiknya memiliki keunikan
sendiri dan kelebihan masing masing oleh karena itu dalam membuat progres media
presentasi pembalajaran dari hari kehari harus ada sesuatu yang baru, agar
siswa tidak bosan dan membuat siswa untuk terus mengikuti “kuliah “ anda.
Intinya
media presentasi pembelajaran adalah cara kreatif anda dalam mengkomunikasikan
materi yang akan anda ajarkan, selamat mencoba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar