Menyadari bahwa potensi pendidik memiliki peran penting
dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi belajar siswa,serta mereka para
pendidik juga memiliki need for achievement yang tinggi untuk memberikan yang
terbaik dari yang mereka bisa. Seorang kepala sekolah salah satu SMPN di Jawa Timur
tidak menyia nyiakan peluang ini untuk membuat program “HRD Maintenance” guna mewadahi dan melejitkan potensi yang dimiliki
beberapa pendidik yang berpotensi di sekolah tersebut. Dengan memberikan ‘lingkungan yang kompetitif
dan fair diharapkan mutu pembelajaran disekolah itu menjadi lebih meningkat.
“Brand equity as a set
of asset and liabilities linked to brand that add to or substract from the
value of product or service to a company and /or its costumer. The asset or
liabilities that under lie brand equity must be linked to the name and/ or
symbol of brand”. Aaker: “Financial Information Content of Perceived Quality”.
Saat ini kegiatan pembelajaran (KBM) bukan sekedar hanya
melaksanakan tututan kurikulum resmi yang ditetapkan pemerintah namun sekolah
dituntut untuk lebih kreatif guna menghasilkan mutu out put dan mutu outcome
yang memiliki life skill dan competitive advantage. Oleh karena
itulah peran pendidik menjadi kunci utama keberhasilan dari tujuan mulia itu.
Manajer sekolah yang
memiliki leadership skill yang bagus
tentu tidak membatasi ‘kreatifitas pendidik dalam mengembangkan strategi dan
metode pembelajaran yang digunakan .
Karena pada dasarnya setiap upaya yang dilakukan pendidik bersangkutan adalah membuat
siswa lebih betah ,senang dan mengembangkan motivasi belajarnya serta meningkatkan daya
serapnya.
“Semua ide kreatifitas pendidik kami tampung guna
kepentingan terbaik peserta didik ,tentu saja ide mereka adalah sebuah ide yang
memang benar benar sisp dan bersedia diterapkan oleh guru bersangkutan”. Kata
Beliau ,”walaupun pada dasarnya kami memiliki keterbatasan diberbagai bidang
namun justru dengan keterbatasn inilah kami berserta siswa jadi lebih berani
untuk melakukan inovasi pembelajaran “,lanjutnya.
Dalam hal pengembangan keberbakatan dan minat peserta didik,
talent management dikembangkan untuk memilih tenaga pendidik bukan hanya kompeten
dibidang keilmuan tepat namun juga memiliki emotional
attachment dengan para siswa salah satu indikatornya adalah guru yang
paling disukai siswa. Sehingga
mempermudah peserta didik dalam satu tim kelompok keberbakatan melejit
potensinya.
Bukan hanya itu,sekolah yang telah menghasilkan siswa
berprestasi pada tingkat nasional hingga internasional ini secara rutin dalam
setiap minggu mengadakan rapat berkala untuk meningkatkan kualitas kinerja team
pendidik disekolah itu sekaligus evaluasi teaching
performance masing masing pendidik. Secara berkala kepala sekolah
,mengirimkan tenaga pendidik secara bergantain untuk enrichment kompetensi dan
pengetahuan yang dimiliki sekaligus memailiki kewajiban untuk knowledge and experiences sharing kepada guru lainnya pasca
pelatihan. Dengan demikian terjadi pemerataan mutu kompetensi dikalangan
pendidik.
Secara berkesinambungan
sekolah ini terus memotivasi
tenaga pendidik untuk berani mencoba berbagai kompetisi tanpa memikirkan
kemenangan agar meraka tidak terbebani rasa bersalah saat belum berhasil merih
juara. Hal tersebut untu meningkatkan competitive spirit dikalang tenaga
pendidik. Disamping pada internal sekolah kompetisi dilakukan untuk memberikan sense of competition kepada peserta
didik sekaligus kompetensi pendidik selaku guru penadamping .
Menumbuhkan awareness tentang persaingan sehat
adalah lebih penting dari sekedar meraih juara hal tersebut dilakukan untuk
menciptakan iklim persiangan yang sehat dikalangan pendidik dan peserta didik.
Membangun relasi dengan stake holder merupakan keharusan
untuk mendapatkan support atas kebijakan sekolah termasuk program penigkatan mutu pendidik.
Interakasi dengan wali murid khususnya dilakukan setiap tiga bulan sekali untuk
memperkenalkan program sekolah yang dikembangkan dan capaian prestasi yang diraih . Sehingga
dukungan mereka makin optimal untuk kepentingan terbaik anak didik.
Tantanga kedepan bagi sekolah adalah trend kebutuhan life
skill yang makin beragam serta capaian capain beragam prestasi untuk
meningkatkan Brand Equity sekolah,bersambung ..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar