Situs situs pembelajaran itu bukasn hanya
sekedar karya kreatif anak bangsa melainkan juga memiliki misi untuk menggunakan TIK sebagai media dan
sumber belajar ,meningkatkan intensitas dan frekuensi untuk pemanfaatan TIK
guna kepentingan pembelajaran ,memberikan kemudahan dalam metode
pembelajaran dan secara menyuluruh meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
.Oleh karena itu mengukur keberhasilan pemanfaatan Internet Portal pembelajaran
untuk siswa harus mencermati hal hal sebagai berikut :
·
Produk Content
-
Konten dari situs atau web pembelajaran harus
sesuai dengan tujuan atau sasaran pembelajaran
jenjang satuan pendidikan yang
dimaksud .
-
Memiliki panduan penggunaan dan informasi umum
terkait pemanfataan web.
-
Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang jelas
,mudah dimengerti ,enak dibaca dan
sesuai perkembangan usia pembacanya.
-
Tata letak atau layout sederhana dan mudah
dikuti oleh pengguna.
·
Communication
-
Menyediakan tool yang dapat melibatkan pengguna
dalam “simulasi “ pembelajaran dalam bentuk game edukasi atau lainnya sehingga
meningkatkan partisipasi interaktif penggunaan.
-
Instructional design menciptakan desain template yang dapat
membangun strategi pembelajaran yang efektif bagi siswa.
-
Membuat alat evaluasi yang dapat dimonitor
sendiri oleh pengguna sperti skor ,outline hasil belajar, pre test dan post
test pada setiap modul. Informasi yang
disajikan mudah relevan ,tepat sesuai dengan tujuan dan sasaran pembelajaran .
-
Memiliki ketersediaan link yang memudahkan
siswa untuk mebapatkan informasi penting lainnya
·
Capacity
-
Kecepatan , kemudahan dan kelancaran dalam mengakses seluruh informasi semestinya
menjadi pertimbangan “provider’ agar pengguna dapat
memanfaatkannya secara optimal.Dikarenakan jika siswa kesulitan dalam mengakses
dapat dpastikan tidak dapat tuntas belajar secara optimal ,bosan menunggu
akibat lelet atau malas menggunakan karena
dianggap sulit diakses.
-
Bersambung
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar