Senin, 09 Desember 2013

Panduan Memanfaatkan Portal Belajar di Internet Untuk Siswa (1) Kurikulum 2013

   
Tidak dapat dipungkiri siswa dapat menemukan informasi apapun yang mereka inginkan dari dunia maya, meskipun dampak buruk  penyalah gunaan juga akibat efek samping dari keberadaan internet tidak dapat dihindari. Namun tidak dapat dipungkiri juga banyak sumber belajar yang dirancang  (learning resources by design) seperti situs meliki kemdikbud,rumah belajar dan portal portal pembelajaran dijadaikan rfensi untuk meningkatkan Internet secara sehat ,cerdas,kreatif dan produktif.

     Situs situs pembelajaran itu bukasn hanya sekedar karya kreatif anak bangsa melainkan juga memiliki misi  untuk menggunakan TIK sebagai media dan sumber belajar ,meningkatkan intensitas dan frekuensi untuk pemanfaatan  TIK  guna kepentingan pembelajaran ,memberikan kemudahan dalam metode pembelajaran dan secara menyuluruh meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia .Oleh karena itu mengukur keberhasilan pemanfaatan Internet Portal pembelajaran untuk siswa harus mencermati hal hal sebagai berikut :



·         Produk Content
  
-       Konten dari situs atau web pembelajaran harus sesuai dengan tujuan atau sasaran pembelajaran  jenjang   satuan pendidikan yang dimaksud .
-       Memiliki panduan penggunaan dan informasi umum terkait pemanfataan web.
-       Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang jelas ,mudah dimengerti ,enak dibaca  dan sesuai perkembangan  usia  pembacanya.
-       Tata letak atau layout sederhana dan mudah dikuti oleh pengguna.

·         Communication

-       Menyediakan tool yang dapat melibatkan pengguna dalam “simulasi “ pembelajaran dalam bentuk game edukasi atau lainnya sehingga meningkatkan partisipasi interaktif penggunaan.
-       Instructional design  menciptakan desain template yang dapat membangun strategi pembelajaran yang efektif bagi siswa.
-       Membuat alat evaluasi yang dapat dimonitor sendiri oleh pengguna sperti skor ,outline hasil belajar, pre test dan post test  pada setiap modul. Informasi yang disajikan mudah relevan ,tepat sesuai dengan tujuan dan sasaran pembelajaran .
-       Memiliki ketersediaan link yang memudahkan siswa untuk mebapatkan informasi penting lainnya

·         Capacity

-       Kecepatan , kemudahan dan kelancaran  dalam mengakses seluruh informasi semestinya menjadi pertimbangan  “provider’ agar pengguna dapat memanfaatkannya secara optimal.Dikarenakan jika siswa kesulitan dalam mengakses dapat dpastikan tidak dapat tuntas belajar secara optimal ,bosan menunggu akibat lelet atau malas  menggunakan karena dianggap  sulit diakses.
-       Bersambung

-        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar