Minggu, 10 November 2013

Metode Berpikir Kritis Pembelajaran Agama Islam Kelas X Kurikulum 2013

Kank , bagaimana caranya mengembangkan kompetensi  dasar (KD ) Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan dengan menggunakan metode agar siswa mempunyai daya kritis ..?
Pada dasarnya setiap anak SMA memiliki daya kritis yang tumbuh optimal ,mereka akan mudah ,menganalisa ,mengomentari segala sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya .Oleh karena itu anda bisa memulainya dengan:


  • Jadikan contoh contoh kasus yang menjadi berita utama dari suatu kejadian dalam/luar negeri  sebagai topic bahasan  yang relevan dengan materi yang akan dipelajari sesuai dengan tujuan pembelajaran .
  • Biarkan siswa berpendapat sesuai dengan cara pandangnya sendiri,jika ingin menggali lebih dalam tentang kemampuan berpikir siswa  buatlah situasi diskusi pro dan kontra sehingga masing masing siswa dapat mempertahankan argument masing masing.
  • Mintalah siswa anda untuk menyampaiakan pendapatnya dengan cara berkomunikasi yang baik  melalui penjelasan  yang berbasis metode ilmiah.Jika perlu berikan stimulasi pertanyaan “apa yang membuat kamu berani berpendapat seperti itu..berikan alasan kosptual/data /fakta yang kamu ketahui ..?
  • Minta siswa anda dapat menunjukkan rasa emphati dengan role playing ,yaitu menjelaskan manfaat yang bisa dirasakan jika melakukan seperti argument yang dikatakannya .”kalau kamu jadi seperti dia,lantas langkah apa yang kamu lakukan…?
  • Ada baiknya anda juga mengintegrasikan Mata pelajaran lainnya untuk memperkuat pemahaman siswa  seperti dalam pelajaran Matematika , untung ruginya jika berprasangka buruk , Dari sisi Sejarah prasangka hanya mendatangkan kekacauan ,  Sosiologi ,pentingnya menjaga dan menghargai norma lingkungan sbegai bentuk control diri .
Kemampuan anda membangun  bagaimana sebuah proses kegiatan pembelajaran yang mampu mempengaruhi kehidupan nyata siswa  sebagai bekal dalam bermasyarakat ,menjadi kunci utama keberhasilan  pembelajaran  ini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar