“ Kank ,Kompetensi Dasar Matematika kelas 1 SD kurikulum 2013 yakni :Menentukan
urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan
urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya. Apakah dalam tahapan berpikir
anak sudah dapat melakukannya..?”
Tahap perkembangan berpikir anak usia SD menurut Jean
Peaget memasuki tahap berpikir operasional –kongkrit menurut teori itu usia 7 sampai dengan 11 tahun . Artinya aktivitas
anak terkonsentrasi pada objek nyata atau pada aktivitas kegiatan yang sudah
pernah dialami. Dengan demikian anak
sudah dapat “memahami aturan main” dari suatu kegiatan seperti bertambahnya ,berkurangnya atau
mengurutkan secara berseri.
Pola pembelajaran seperti ini akan merangsang anak untuk meresponnya dikarenakan pada tahapan ini anak sudah mulai menghubungkan kata yang diucapkannya dengan hal hal yang dilihatnya.Selanjutnya anak akan bertambah perbendaharaan kata yang dimiliki dikarenakan anak sudah mulai meningktkan kemampuan berpikir logis dan keterampilan analisis sehingga anak dapat memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi dan membandingkan.
Kemampuan seorang pendidik dalam memahami tahap perkembangan kemampuan kognitif anak akan mempermudah guru dalam menerapkan model pembelajaran sekaligus mempermudah siswa menguasai pengetahuan yang diajarkan ,mengembangkan kemampuan anak untuk berpikir kompleks dalam penalaran dan pemecahan masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar