Selasa, 14 Mei 2013

Contoh TIK Mengajar IPA LOGIS SD :LOGIKA SEBAB AKIBAT DALAM KESEIMBANGAN LINGKUNGAN



Standar Kompetensi : Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

Kompetensi dasar :mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam(ekosistem).

Mulailah kegiatan proses pembelajaran dengan cuplikan video pendek 5-7 menit  dengan gambar tentang contoh  kejadian kejadian yang dapat merusak alam  akibat ulah manusia . Dari  banyak penelitian efek audio visual yang disajikan dalam bentuk video pembelajaran lebih menguat dalam ingatan anak dan memperkuat pemahaman anak daripada sekedar penjelasan verbal.


Setelah pertunjukan video selesai   minta beberapa siswa untuk menuliskan apa saja penyebab  terjadinya ke tidak seimbangan alam pada papan tulis ,minta siswa lain untuk melengkapinya.
Kelompok berikutnya minta siswa mengidentifikasi kegiatan yang mempengaruhi ekosistem   dipapan tulis  minta siswa lain melengkapi apa yang sudah dituliskannya .Berikan siswa kesempatan menuliskan gagasannya tanpa rasa takut salah.
Meminta anak untuk menuliskan apa yang dilihat dan didengarkannya adalah membangun upaya pengalaman belajar,mengasah daya ingat dan imajinasi serta psikomotorik dengan menulis didepan kelas ia mengingat  pengalaman apa yang dituliskannya sekaligus dapat membangun karakter  rasa percaya diri siswa. Bekal life skill dan soft skill yang bermanfaat bagi siswa di masa depan.
Selanjutnya diskusikan langkah langkah yang bisa dilakukan agar tercipta keseimbangan alam sebagai bentuk pesan moral dan perilaku yang harus dikuasai siswa.

Catatan :
Carilah video pembelajaran dari you tube atau video yang dijual dipasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar